- Back to Home »
- Manajemen Perpustakaan Sekolah »
- Manajemen Perpustakaan Sekolah
Posted by : Febbriyana awalludin bagen
Kamis, 10 Januari 2013
Manajemen
Perpustakaan Sekolah
Pengertian manajeman adalah proses kegiatan mengelola sumber daya
manusia,materi dan metode berdasarkan fungsi-fungsi manajemen agar tujuan dapat
di capaisecara efisien dan efektif. Sementara itu, luther Gullick
mendefinisikan manajemensebagai suatu bidang ilmu pengetahuan yang berusaha
secara sistematis untuk mamahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja bersama
untuk mencapai tujuandan membuat sitem kerjasama ini lebih manfaat bagi
kamanusiaan. Manajeman dikatakana baik apabila memiliki tujuan dan sasaran yang
jelas dan diketahui oleh semuaorang yang terlibat dalam kegiatan. Selanjutnya,
menyusun langkah-langkah untuk mencapai tujuan dengan memanfaatkan segala
sumber daya (manusia, dana, sarana,kesempatan, sumber alam dan lainnya) secara
optimal, efektif dan efesien. Tiap elemen-elemen ditata agar tidak tumpang
tindih.Perpustakaan bukan sekedar gedung/ruang sebagai tempat koleksi tetapi
jugasystem informasi. Sebagai system infoemasi, perpustakaan memiliki
aktivitaspengumpulan, pengolahan, pengawetan, pelestarian dan penyebaran
informasi.Manajemen perpustakaan merupakan upaya pencapaian tujuan dengan
pemanfaatansumber daya manusia, informasi, sisten dan sumber dana dengan tetap
memperhatikanfungsi manajeman, peran dan keahlian.Untuk dapat mencapai tujuan
perlu sumber dayamanusia dan non manusia berupa sumber dana, teknik, fisik,
perlengkapan, alam,informasi, ide, peraturan-peraturan dan tehnologi. Sumber
daya tersebut dikelolamelalui proses manajemen yang meliputi perencanaan,
pengorganisasian,kepemimpinan dan pengawasan yang diharapkan mampu mengeluarkan
produk berupabarang atau jasa.
C. Fungsi Manajemen
Perencanaan merupakan titik awal kegiatan perpustakaan sekolah dan
harusdisusun oleh perpustakaan. Perencanaan berguna untuk memberikan arah,
menjadistandar kerja, memberi kerangka pemersatu dan membantu memperkirakan
peluang.Dalam penyusunan perencanaan hendaknya tercakup apa yang akan di
lakukan,bagaimana cara melaksanakannya, kapan pelaksanaannya dan siapa yang
bertanggung jawab dan berapa anggaran yang diperlukan. Dengan demikian
perencanaan itumerupakan langkah yang mendasar dan mendahului fungsi-fungsi
manajemen yang lain.Sebagai langkah awal dalam perencanaan perpustakaan sekolah
adalahpenetapan visi, misi, tujuan, identifikasi kekuatan dan kelemahan dan
memahamipeluang dan ancaman. Visi merupakan suatu pikiran atau gagasan yang
melampauikeadaan sekarang. Keadaan yang di inginkan itu belum pernag terwujud
selama ini.Penetapan visi penting dalam pengembangan perpustakaan sekolah sebab
visi memilikifungsi untuk memperjelas arah yang akan dituju oleh perpustakaan
sekolah. Visimemang sesuatuyang ideal yang akan dicapai oleh perpustakaan
sekolah maka dalampenetapan visi hendaknya mudah di pahami dalam waktu singkat.
Contoh dari visiadalah berperan serta dalam meningkatkan kualitas
pendidikan.Misi merupakan penjabaran visi dan rumusan-rumusan kegiatan yang
akandilakukan dan hasilnya dapat di ukur, dirasakan, dilihat, didengar atau
dapat di buktikankarena bersifat kasat mata. Penyusunan misi biasanya dalam
bentuk kata kerja karenaberupa kegiatan untuk merealisir visi. Contoh dari misi
adalah menciptakan gemarmembaca di kalangan guru, siswa dan karyawan,
menyediakan bahan informasi untuk mendukung proses belajar mengajar dan
menyediakan fasilitas untuk informasi global.