Laman

Kamis, 10 Januari 2013

Perencanaan Dana Pendidikan Anak


Perencanaan Dana Pendidikan Anak
 Sederhana Persiapan Dana Pendidikan Anak
Sebagai Contoh:
Bila saat ini anak Anda berusia 8 (delapan) tahun dan duduk di kelas 2 (dua) Sekolah Dasar (SD), dan menginginkan anak Anda tersebut kelak kuliah di salah satu Universitas Negeri di Indonesia. Maka yang perlu anda cari tahu sekarang adalah:
Berapa biaya kuliah di Universitas Negeri saat ini dan berapa biaya kuliah di Universitas Negeri beberapa tahun kemudian saat anak Anda memasuki usia kuliah (usia 19 tahun) ?
Perhitungannya adalah:
Usia Anak Anda saat ini : 8 tahun
Biaya kuliah rata-rata Universitas Negeri saat ini : Rp. 100 juta
Asumsi tingkat inflasi (kenaikan biaya pendidikan) :10% per thn
Jarak usia anak Anda saat ini dengan usia saat kuliah : 19 thn-8 thn= 11 thn

Maka Dana Pendidikan Yang Harus Dipersiapkan Untuk Anak Anda Adalah:
Rp. 100 juta x faktor pengali* = biaya kuliah 11 tahun kemudian
Rp. 100 juta x 3,6482871 = Rp. 365 juta ?

Berapa dana yang harus ditabung setiap bulannya ?
Di atas telah didapat biaya kuliah anak Anda saat memasuki usia kuliah sebesar Rp. 365 juta.
Dengan asumsi nilai hasil investasi Anda sebesar 25% per tahun, maka dana yang harus Anda sisihkan:
Rp. 365 juta : faktor pembagi* = dana yang harus ditabung
Rp. 365 juta : 699,30 = Rp. 522.000,- per bulan ?

Catatan Penting:
1.      Faktor pengali, faktor pembagi, dan faktor pengali pendidikan menggunakan rumus & tabel perencana keuangan yang relevan.
2.      Semakin awal Anda menabung maka semakin kecil jumlah uang yang harus disisihkan untuk mencapai jumlah dana pendidikan yang harus terkumpul yang Anda butuhkan.
3.      Asumsi nilai hasil investasi di atas adalah untuk jangka waktu menengah-panjang yang disarankan. Hasil real atau sebenarnya adalah sesuai track record di mana Anda menginvestasikan dana Anda.
4.      Lamanya waktu menabung dan besarnya uang yang harus disisihkan tergantung dari jumlah kebutuhan hidup saat ini yang harus disesuaikan dengan tingkat inflasi (peningkatan nilai kebutuhan) yang akan terjadi kelak yang dapat mempengaruhi tingkat keseimbangan pemenuhan kebutuhan hidup di masa sekarang dan di masa yang akan datang.
5.      Jumlah uang yang harus disisihkan di atas belum termasuk dengan perhitungan insurance atau asuransi sebagai unsur proteksi yang penting dimiliki untuk menjamin bahwa Anda atau keluarga Anda akan tetap mendapatkan dana sesuai yang Anda inginkan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terjadi terhadap diri Anda atau keluarga Anda yang akan mempengaruhi sumber keuangan atau penghasilan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar