- Back to Home »
- Perencanaan Pengajaran »
- Perencanaan Pengajaran
Posted by : Febbriyana awalludin bagen
Kamis, 10 Januari 2013
Perencanaan
Pengajaran
Perencanaan pengajaran
berarti pemikiran tentang penetrapan prinsip- prinsip umum mengajar didalam
pelaksanaan tugas mengajar dalam suatu interaksi pengajaran tertentu yang
khusus baik yang berlangsung di dalam kelas ataupun diluar kelas.
Perencanaan pengajaran
mempunyai beberapa faktor yang mendukung tujuan pembelajaran tercapai misal :
- Persiapan sebelum mengajar
- Situasi ruangan dan letak sekolah dari jangkauan kendaraan umum
- Tingkat intelegensi siswa
- Materi pelajaran yang akan disampaikan
Faedah perencanaan :
1. Karena adanya perencanaan maka pelaksanaan pengajaran menjadi
baik dan efektif.
Yang dimaksud adalah maka seorang guru bisa memberikan materi
pelajaran dengan baik karena ia harus dapat menghadapi situasi di dalam kelas
secara mantap, tegas dan fleksibel.
2. Karena perencanaan maka seseorang akan tumbuh menjadi seseorang
guru yang baik.
Yang di maksud adalah guru membuat persiapan yang baik dan adanya
pertumbuhan berkat pengalaman dan akibat dari hasil belajar yang terus menerus.
Bagaimana cara untuk
mencapai hasil hasil belajar yang efektif yang dijadikan pedoman dalam setiap
kali membuat perencanaan ?
Ada 7 aspek persiapan untuk mencapai tugas yang di sebutkan tadi :
- Persiapan terhadap situasi
Mancakup : tempat, suasana ruangan kelas, dan lain-lain. Dan
situasi umum harus dimiliki sebelum saudara mengajar di dalam kelas tersebut
dengan pengetahuan saudara dapat membuat ancang- ancang terhadap variabel faktor masalah dan menghadapi situasi kelas.
- Persiapan terhadap siswa yang akan dihadapi
Maksud ; Sebelum guru mengajar ia harus mengetahui keadaan siswa
tsb atau dengan kata lain guru harus membuat gambaran yang jelas mengenai
keadaan siswa yang akan dihadapi selain dari pada faktor intern siswa tsb ( laki-
laki dan Pr) seorang guru harus mengetahui taraf kematangan dan pengetahuan
serta khusus dari pada siswa tsb.
- Persiapan dalam tujuan umum pembelajaran
Yang menyangkut tujuan instruksional apa yang akan dicapai oleh
para siswa harus dimiliki seorang guru mencakup antara lain :
Pengetahuan, kecakapan, keterampilan atau sikap tertentu yang
konkrit yang bisa di ukur dengan alat- alat evaluasi.
- Persiapan tentang bahan pelajaran yang akan diajarkan
Yang dimaksud dengan ini : Dengan adanya pengetahuan yang akan
dihadapkan kepada siswa, si guru memiliki persiapan yang akan di sampaikan
kepada siswa yang harus terdapat batas- batas, luas dan urutan- urutan
pengajaran perlu di persiapkan.
- Persiapan tentang metode- mengajar yang hendak di pakai
a. metode ceramah
b. metode tanya jawab
atau diskusi
- Persiapan dalam penggunaan alat- alat peraga
Misal : kapur dan papan tulis, pengahapus paling sedikit di gunakan
tetapi dalam belajar pembelajaran di pergunakan alat pembantu adalah media yang
mempertinggi komunikasi pada saat proses belajar berlangsung.
- Persiapan dalam jenis teknik evaluasi
Tujuan evaluasi : samapi sejauhmana daya serap terhadap produk
bahasan yang saudara terapkan
Ada beberapa jenis alat evaluasi disini yaitu : Bentuk test apakah
test tertulis maupun test lisan.
Ada beberapa jenis media pengajaran yang dilakukan seorang guru :
1. Media gratis
2. Media tiga dimensi
3. Media proyeksi
4. Lingkungan
Faktor- faktor yang harus
diperhatikan seorang guru dalam media pengajaran :
a. Relevansi pengadaan
media pendidikan
b. Kelayakan pengadaan
media pendidikan
c. Kemudahan pengadaan
media pendidikan
Beberapa hal yang harus diperhatikan seorang guru dalam menggunakan
media pendidikan :
a. Apakah guru tersebut
memahami manfaat media pengajaran
b. Guru harus terampil
dalam menyediakan media pendidikan.
Media pendidikan di gunakan
jika :
a. Bahan pengajaran yang
dijelaskan guru kurang di pahami siswa
b. Guru tidak bergairah
untuk menjelaskan bahan pelajaran melalui penuturan kata- kata verbal
c. Perhatian siswa
terhadap pengajaran sudah berkurang akibat kebosanan mendengar uraian guru.